BAB III. ANALISIS JABATAN (MSDM) - Muh Rosyid, S.Pd.,M.M.Pd

BAB III. ANALISIS JABATAN (MSDM)

Muh Rosyid, S.Pd.,M.M.Pd.

Dosen STIE Putra Bangsa Kebumen


Sifat dari Analisis Jabatan

1.Analisis Jabatan adalah :

Prosedur untuk m,enetapkan tugas dan tuntutan ketrampilan dari suatu jabatan dan orang macam apa yang akan diyugasi disitu.

2.Uraian Jabatan adalah :

Suatu daftar tugas-tugas, tanggung jawab, hubungan laporan, kondisi kerja, dan kepercayaan suatu jabatan.

3.Spesifikasi Jabatan adalah :

Suatu daftar dari tuntutan manusiawi suatu jabatan yakni pendidikan, ketrampilan, kepribadian yang sesuai.

Kegunaan Informasi Jabatan :

  1. Perekrutan dan Seleksi,

  2. Penilaian Kinerja,

  3. Kompensasi,

  4. Pelatihan,

  5. Memastikan Pengangkatan yang Lengkap atas Semua Tugas.

Langkah Analisa Jabatan :

  1. Identifikasilah informasi formasi jabatan.

  2. Tinjaulah informasi latar belakang yang relevan.

  3. Pilih posisi jabatan yang representatif untuk dianalisis.

  4. Analisislah secara serius jabatan dengan mengumpulkan data kegiatan jabatan, perilaku karyawan, kondisi kerja, dan ciri manusiawi serta kemampuan yang dibutuhkan untuk menjalankan pekerjaan.

  5. Tinjaulah informasdi dengan pemangku jabatan.

  6. Kembangkan suatu uraian jabatan dan spesifikasi jabatan.

Analisa Jabatan Fungsional :

Suatu metode untuk mengklasifikasi jabatan-jabatan yang sama dengan analisa jabatan dan untuk memperhitungkan sejauh mana instruksi spesifik, penalaran, penilaian dan fasilitas verbal perlu untuk menjalankan tugas-tugas jabatan.

Menulis Uraian Jabatan :

Sebuah uraian jabatan adalah suatu pernyataan tertulis tentang apa dan bagaimana yang sesungguhnya dilakukan pemegang jabatan.

  1. Identifikasi jabatan.

  2. Ringkasan jabatan.

  3. Hubungan tanggung jawab dan kewajiban.

  4. Wewenang dari pemegang jabatan.

  5. Standar kinerja.

  6. Kondisi kerja.

  7. Spesifikasi jabatan.

Cara Pemerkayaan Jabatan

  1. Bentuklah kelompok kerja alamiah

(lakukan pekerjaan untuk satu atau dua departemen).

2. Kombinasikanlah tugas

(tugaskan untuk bekerja dalam satu paket bukan satu bagian).

3. Mantapkanlah hubungan dengan klien

(sering kontak dengan konsumen).

4. Muatan vertikal

(merencanakan, melakukan pekerjaan, mengawasi dan mengatasi masalah sendiri).

5. Bukalah saluran umpan balik

(mendapatkan umpan balik atas kinerjanya).


Komentar

  1. [url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
    [b]adobe photoshop cs for mac, [url=http://firgonbares.net/]buy bluetooth software[/url]
    [url=http://firgonbares.net/][/url] winzip 12 reg code wall street office software
    adobe creative suite 3 mac [url=http://firgonbares.net/]microsoft office 2007 oem software[/url] www macromedia com software flashplayer 7
    [url=http://firgonbares.net/]coreldraw 8 templates[/url] filemaker pro 10 bible release date
    [url=http://firgonbares.net/]Suite X4[/url] nero 9 free trial
    i buy adobe photoshop [url=http://firgonbares.net/]office suite software[/b]

    BalasHapus
  2. sy sangat berterima kasih atas isi blog yg sdr buat

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini...
makasih ya uda kasih komentar...
sering - sering maen sini ya...
No SaRa, No PoLiTiCs, No SPaMMiNG!!!

Postingan populer dari blog ini

PEDOMAN DAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

Sejarah SMA N 2 Kebumen

Investing in gold