BAB VII. ORIENTASI DAN PELATIHAN (MSDM)

BAB VII. ORIENTASI DAN PELATIHAN (MSDM)

Muh Rosyid, S.Pd.,M.M.Pd.

Dosen STIE Putra Bangsa Kebumen

Orientasi dan Pelatihan :

  1. Orientasi merupakan suatu komponen dari proses sosialisasi karyawan baru terhadap majikan

  2. Sosialisasi adalah proses yang terus berjalan berupa penanaman dalam diri karyawan tentang sikap, standar nilai dan pola perilaku yang berlaku yang diharapkan oleh organisasi dan departemennya.

Proses Pelatihan :

  1. Pelatihan berfokus pada ketrampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan pekerjaan karyawan sekarang

  2. Pengembangan karyawan dan manajemen mengikuti pelatihan yang bersifat jangka panjang untuk tugas masa depan dengan memecahkan masalah organisasi

Langkah Pelatihan dan proses pengembangan :

  1. Analisa Kebutuhan,

Mengidentifikasi ketrampilan kinerja jabatan khusus yang dibutuhkan untuk menganalisis ketrampilan dan kebutuhan akan pelatihan prospektif

  1. Rancangan Instruksional,

Mengidentifikasi ketrampilan kinerja jabatan khusus yang dibutuhkan untuk menganalisis ketrampilan dan kebutuhan akan pelatihan prospektif

  1. Keabsahan,

Segala kesalahan dibersihkan dari program pelatihan dengan menyajikan sebuah audiens yang representatif

  1. Diimplementasikan,

Menggunakan teknis pelatihan waktu bekerja dan belajar terprogram

  1. Evaluasi dan Tidak Lanjut.

Langkah keberhasilan atau kegagalan program itu dinilai

Pelatihan dan Pembelajaran :

  1. Memahami dan mengingat bahan yang penting,

  2. Mudah menstransfer ketrampilan dan perilaku baru dari tempat pelatihan ke tempat kerja,

  3. Motivasikan peserta pelatihan

Aspek Legal dari Pelatihan

Tindakan pencegahan pada pelayanan publik :

  1. Konfirmasikan tuntutan ketrampilan dan pengalaman untuk semua pelamar

  2. Kurangi resiko kerugian dengan melatih secara ekstensif karyawan yang bekerja dengan peralatan, bahan, dan proses yang berbahaya

  3. Pastikan pelatihan mencakup prosedur untuk melindungi kesehatan dan keselamatan pihak ke tiga

  4. Evaluasilah aktifitas pelatihan

Analisa Kerbutuhan Pelatihan :

  1. Analisis Tugas : sebuah pekerjaan untuk mengidentifikasi ketrampilan yang dituntut, sehingga suatu program pelatihan yang tepat bisa dimulai.

  2. Analisis Kinerja : memverifikasi bahwa ada kemerosotan kinerja dan menetapkan melalui pelatihan atau melalui sarana lain (mutasi karyawan)

Menilai kebutuhan karyawan baru akan pelatiahan :

  1. Daftar Tugas

  2. Berapa seringnya dilaksanakan

  3. Standar kuantitas dan kualitas

  4. Kondisi kinerja

  5. Ketrampilan yang dituntut

  6. Di mana bisa belajar paling baik

Teknik Pelatihan :

  1. Persiapan untuk peserta belajar

  2. Penyajian operasi

  3. Uji coba kinerja

  4. Tindak lanjut

Prosedur praktis mengembangkan program pelatihan :

  1. Tetapkan sasaran pelatihan

  2. Tulis uraian jabatan secara rinci

  3. Kembangkan formulir analisis tugas

  4. Kembangkan lembaran instruksi kerja

  5. Siapkan program latihan jabatan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEDOMAN DAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

Sejarah SMA N 2 Kebumen

Investing in gold