1.30.2008

BAB IX. PENGELOLAAN MUTU DAN PRODUKTIVITAS (MSDM)

BAB IX. PENGELOLAAN MUTU DAN PRODUKTIVITAS (MSDM)

Muh Rosyid, S.Pd.,M.M.Pd.

Dosen STIE Putra Bangsa Kebumen

Program-program Gerakan SDM :

  • Pengaturan kerja alternatif : karyawan dapat merancang hari kerja yang lentur

  • Program lingkaran mutu : tim kerja yang terlatih bertemu untuk menganalisa dan memecahkan masalah

  • Program peningkatan mutu : pemantauan kepuasan pelanggan

  • Tim yang mengarahkan diri sendiri : memberdayakan tim-tim kerja untuk mengarahkan kegiatan kerja mereka sendiri

  • Rekayasa ulang : pemikiran dan perancangan kembali proses bisnis guna mencapai perbaikan

Pengaturan Kerja Alternatif :

  • Waktu lentur : Suatu rencana yang pada rencana ini karyawan membangun hari kerja mereka di sekeliling jam-jam inti tengah hari

  • Waktu lentur dalam praktik : majikan menggunakan waktu lentur untuk karyawan menetapkan jam-jam kerja sendiriyang dihasilkan program

  • Pro dan kontra waktu lentur : beberapa program waktu lentur sudah cukup berhasil, namun rumit untuk diurus dan diimplementasikan jika sekelompok karyawan harus bekerja saling bergantung

  • Kondisi bagi keberhasilan : semakin besar kelenturan progranm waktu lentur, semakin besar maslahat/keuntungan yang dihasilkan program

Langkah-langkah menetapkan lingkaran mutu :

  • Merencanakan lingkaran

  • Pelatihan awal

  • Memulai lingkaran

  • Lingkaran dalam operasi

  • Identifikasi masalah

  • Seleksi masalah

  • Analisis masalah

  • Rekomendasi jalan keluar

  • Tinjauan dan keputusan jalan keluar oleh manajemen

Pedoman program lingkaran mutu :

  • Berterus terang dengan pejabat eksekutif

  • Mengimplementasikan gagasan yang konstruktif

  • Buat program secara sukarela

  • Jaga tujuan tetap sederhana

  • Tekankan bahwa ini bukan sesi keluhan

  • Komunikasikan dan didiklah orang dalam organisasi

  • Tetapkan suatu iklim perhatian dan umpan balik

  • Libatkan manajer lini dan jadikan pemimpin kelompok

  • Berikan latihan tambahan untuk melengkapi pelatihan lingkaran mutu

Sasaran penilaian kebutuhan pelanggan :

  • Memperbaiki kepercayaan publik dalam program-program keamanan

  • Mengurangi jumlah keluhan

  • Memperbaiki kehandalan layanan

  • Terus menekankan keamanan, kehandalan, dan operasi yang efisien

  • Memperkuat kehandalan dan ketersediaan pabrik

Pedoman Manajemen SDM dan Upaya Perbaikan Mutu :

  • Memastikan semua tim bekerja dalam satu kebijakan

  • Tidak melembagakan lingkaran mutu sebagai struktur organisasi paralel

  • Jangan memperlakukan program perbaikan mutu seolah-olah sudah berakhir

  • Akui bahwa pelatihan itu penting

  • Berikan karyawan kemampuan yang mereka butuhkan untuk menganalisis dan menyelesaikan masalah

  • Jangan berfokus secara eklusif pada produktivitas, karena begitu mutu meningkat, produktivitas juga meningkat

  • Prioritaskan kebutuhan Anda

  • Kenalilah usaha dan doronglah karyawan

  • Imbalilah upaya individu dan tim dengan cara yang kongkret

  • Ingatlah bahwa langkah pertama perlu diambil oleh manajemen puncak yaitu manajemen harus mengambil prinsip-prinsip dan bahasa mutu, mengikuti proses, memberi contoh dan memandu yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini...
makasih ya uda kasih komentar...
sering - sering maen sini ya...
No SaRa, No PoLiTiCs, No SPaMMiNG!!!