BAB IX. PENGELOLAAN MUTU DAN PRODUKTIVITAS (MSDM)

BAB IX. PENGELOLAAN MUTU DAN PRODUKTIVITAS (MSDM)

Muh Rosyid, S.Pd.,M.M.Pd.

Dosen STIE Putra Bangsa Kebumen

Program-program Gerakan SDM :

  • Pengaturan kerja alternatif : karyawan dapat merancang hari kerja yang lentur

  • Program lingkaran mutu : tim kerja yang terlatih bertemu untuk menganalisa dan memecahkan masalah

  • Program peningkatan mutu : pemantauan kepuasan pelanggan

  • Tim yang mengarahkan diri sendiri : memberdayakan tim-tim kerja untuk mengarahkan kegiatan kerja mereka sendiri

  • Rekayasa ulang : pemikiran dan perancangan kembali proses bisnis guna mencapai perbaikan

Pengaturan Kerja Alternatif :

  • Waktu lentur : Suatu rencana yang pada rencana ini karyawan membangun hari kerja mereka di sekeliling jam-jam inti tengah hari

  • Waktu lentur dalam praktik : majikan menggunakan waktu lentur untuk karyawan menetapkan jam-jam kerja sendiriyang dihasilkan program

  • Pro dan kontra waktu lentur : beberapa program waktu lentur sudah cukup berhasil, namun rumit untuk diurus dan diimplementasikan jika sekelompok karyawan harus bekerja saling bergantung

  • Kondisi bagi keberhasilan : semakin besar kelenturan progranm waktu lentur, semakin besar maslahat/keuntungan yang dihasilkan program

Langkah-langkah menetapkan lingkaran mutu :

  • Merencanakan lingkaran

  • Pelatihan awal

  • Memulai lingkaran

  • Lingkaran dalam operasi

  • Identifikasi masalah

  • Seleksi masalah

  • Analisis masalah

  • Rekomendasi jalan keluar

  • Tinjauan dan keputusan jalan keluar oleh manajemen

Pedoman program lingkaran mutu :

  • Berterus terang dengan pejabat eksekutif

  • Mengimplementasikan gagasan yang konstruktif

  • Buat program secara sukarela

  • Jaga tujuan tetap sederhana

  • Tekankan bahwa ini bukan sesi keluhan

  • Komunikasikan dan didiklah orang dalam organisasi

  • Tetapkan suatu iklim perhatian dan umpan balik

  • Libatkan manajer lini dan jadikan pemimpin kelompok

  • Berikan latihan tambahan untuk melengkapi pelatihan lingkaran mutu

Sasaran penilaian kebutuhan pelanggan :

  • Memperbaiki kepercayaan publik dalam program-program keamanan

  • Mengurangi jumlah keluhan

  • Memperbaiki kehandalan layanan

  • Terus menekankan keamanan, kehandalan, dan operasi yang efisien

  • Memperkuat kehandalan dan ketersediaan pabrik

Pedoman Manajemen SDM dan Upaya Perbaikan Mutu :

  • Memastikan semua tim bekerja dalam satu kebijakan

  • Tidak melembagakan lingkaran mutu sebagai struktur organisasi paralel

  • Jangan memperlakukan program perbaikan mutu seolah-olah sudah berakhir

  • Akui bahwa pelatihan itu penting

  • Berikan karyawan kemampuan yang mereka butuhkan untuk menganalisis dan menyelesaikan masalah

  • Jangan berfokus secara eklusif pada produktivitas, karena begitu mutu meningkat, produktivitas juga meningkat

  • Prioritaskan kebutuhan Anda

  • Kenalilah usaha dan doronglah karyawan

  • Imbalilah upaya individu dan tim dengan cara yang kongkret

  • Ingatlah bahwa langkah pertama perlu diambil oleh manajemen puncak yaitu manajemen harus mengambil prinsip-prinsip dan bahasa mutu, mengikuti proses, memberi contoh dan memandu yang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEDOMAN DAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

BAB IX. DIMENSI MANUSIA DALAM PERUBAHAN (MP)