1.24.2008

Peningkatan SDM Pemadaman Kebakaran

Peningkatan SDM Pemadaman Kebakaran

di Rumah Sakit Palang Biru Gombong – Kebumen

Kamis, 24 Januari 2008.


Rumah Sakit Palang Biru yang berlokasi di Gombong - Kebumen dalam rangka menghadapi akreditasi dan antisipasi dini tentang bahaya kebakaran telah melakukan Pelatihan Pemadaman Kebakaran pada 60 orang yang terdiri dari Dokter, Perawat, Juru Masak dan Petugas SATPAM yang berasal dari Rumah Sakit Palang Biru Gombong dan Rumah Sakit Palang Biru Kutoarjo ditambah sejumlah Siswa SMA dan SMP Pius Gombong dengan meghadirkan Petugas Pemadam Kebakaran dari UPT Pemadam Kebakaran Dinas Kesatuan Bangsa Perlindungan Masyarakat dan Sosial Kabupaten Kebumen.

Menurut Muh Rosyid,S.Pd.,M.M.Pd. Kepala UPT Pemadam Kebakaran yang juga Dosen Mata Kuliah SDM, Perilaku Keorganisasian dan Manajemen Perubahan pada STIE Putra Bangsa Kebumen ini, upaya yang dilakukan oleh Rumah Sakit Palang Biru sangat tepat sekali, karena walaupun di Rumah Sakit Palang Biru sudah memiliki Alat Pemadam Api Ringan (APAR) namun kalau dalam mengoperasikan alat belum mahir, maka alat yang sudah modern ini akan tidak bisa berfungsi memadamkan api dengan cepat. Hal ini pernah terjadi di SPBU Kawedusan - Kebumen saat terjadi kebakaran pada sebuah mobil yang sedang mengisi Premium, sudah dipadamkan dengan 6 buah tabung APAR oleh petugas SPBU, akan tetapi kebakaran mobil tidak berhasil dipadamkan karena SDM Petugas di SPBU tersebut masih perlu pelatihan penggunaan APAR.

Menurut Ketua K3 Rumah Sakit Palang Biru Gombong, tujuan diadakannya Pelatihan adalah sebagai syarat akreditasi, membuka wawasan bagi karyawan agar dapat mengatasi kebakaran dan bukan hanya sebagai penonton kebakaran serta menjadi agen perubahan dalam penanggulangan kejadian kebakaran.

Rosyid mengharap kepada pemerintah pusat berkait dengan pengalihan penggunaan bahan bakar minyak tanah menjadi bahan bakar gas LPG sebaiknya pemerintah juga harus sudah memikirkan dampaknya dengan memberikan kepada rakyat Alat Pemadam Api Ringan (APAR), karena kebakaran atau kebocoran yang ditimbulkan dari kompor gas ini salah satu alat yang paling handal dipergunakan adalah APAR.

Akhirnya Rosyid berpesan kepada seluruh perusahaan dan kantor-kantor baik negeri maupun swasta agar hendaknya memiliki APAR dan melakukan pelatihan penggunaan alat tersebut agar dapat berfungsi secara optimal. Untuk pelatihan Pemadaman Kebakaran dapat menghubungi pihak UPT Pemadam Kebakaran Dinas Kesatuan Bangsa Perlindungan Masyarakat dan Sosial Kabupaten Kebumen dengan nomor telepon 0287-382113 atau 5503113.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini...
makasih ya uda kasih komentar...
sering - sering maen sini ya...
No SaRa, No PoLiTiCs, No SPaMMiNG!!!