MENGELOLA SDM DALAM BISNIS INTERNASIONAL - Muh Rosyid, S.Pd.,M.M.Pd
“MENGELOLA SDM DALAM BISNIS INTERNASIONAL”
Muh Rosyid, S.Pd.,M.M.Pd
Dosen STIE Putra Bangsa Kebumen
Pertumbuhan Bisnis Internasional :
Makin lama makin banyak perusahaan menyadari bahwa keberhasilan mereka bergantung pada kemampuan untuk memasarkan dan mengelola di luar negeri
Sebagai akibat dari internasionalisasi ini, perusahaan harus dikelola secara global, namun globalisasi menghadapkan para manajer tantangan-tantangan raksasa
Jenis-jenis Bisnis Internasional :
Eksport : menjual ke luar negeri secara langsung maupun secara tidak langsung dengan penjualan asing dan distributor yang digaji
Pemberian Lisensi : pengaturan perusahaan memberi hak cipta, nama merk untuk jangka waktu tertentu
Waralaba : pemberian perusahaan induk kepada perusahaan lain untuk yang menjalankan bisnis yang sudah diresepkan
SDM dan Bisnis Internasional :
Merumuskan dan mengimplementasikan kebijakan dan kegiatan SDM di markas kantor induk perusahaan multinasional
Menjalankan kegiatan SDM di cabang asing dari suatu MNC (Multinational Corporation)
Bagaiman perbedaan-perbedaan antar negara mempengaruhi SDM ?
Faktor Kultural : perbedaan kultural merentang luas dari negara ke negara menuntut perbedaan yang berhubungan dengan praktik personil diantara cabang asing milik perusahaan
Faktor Ekonomi : perbedaan ekonomi diantara negara juga beralih menjadi perbedaan antar negara dalam praktik SDM
Faktor Biaya Tenaga Kerja : perbedaan biaya dalam tenaga kerja juga mengakibatkan perbedaan dalam praktik SDM
Faktor Hubungan Industrial : hubungan antara pekerja, serikat buruh dan majikan sangat dramatik antar negara dan mempunyai dampak besar terhadap praktik SDM
Masyarakat Eropa : pasar bersama untuk barang, jasa, modal dan bahkan tenaga kerja
Memperbaiki Penugasan Internasional Melalui Seleksi
Mengapa Penugasan Internasional Gagal :
Penugasan di luar negeri sering gagal karena pribadi tidak dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan teknik dari jabatan.
Seleksi pengiriman ke luar negeri dilakukan oleh manajer lini berdasarkan kompetensi teknik.
Mereka gagal karena masalah keluarga dan pribadi serta kekurangan ketrampilan kultural yang sudah bukan menjadi bagian dari proses
Penstafan Internasional
Sumber para Manajer :
Lokal : warga negara dari tempat mereka bekerja
Expatriate : bukan warga negara dimana mereka bekerja
Thrid-country national : warga negara dari negara yang lain (kebangsaan negara ketiga)
Penstafan Internasional
Kebijakan Penstafan Internasional :
Etnosentris : sikap yang berlaku dari negara asal, gaya manajemen, pengetahuan, kriteria penilaian dan manajer adalah superior terhadap segala sesuatu yang mungkin ditawarkan oleh negara asing
Polisentris : satu keyakinan yang disadari bahwa hanya manajer negara asing dapat benar-benar memahami kultur dan perilaku dari pasar negara asing
Geosentris : manajemen harus dicari dari suatu dasar yang global dengan pengandaian bahwa manajer terbaik di dunia bisa ditemukan di mana saja tempat perusahaan berada
Penstafan Internasional
Menyeleksi Manajer Internasionaaal :
Adaptabilitas dan fleksibelitas : menyesuaikan diri dengan lingkungan, memiliki pandangan dan gagasan baru
Kekerasan kultural : kemampuan berhasil dalam sebuah kultur asing
Orientasi diri : harga diri, kepercayaan diri dan ketenangan mental
Orientasi terhadap yang lain : berinteraksi secara efektif dengan orang asing
Kemampuan perspektif : memahami perilaku dan berempati dengan mereka
Kemampuan keluarga : kemampuan pasangan dan anak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan
Pelatihan dan Pemeliharaan Karyawan Internasional :
Penyaringan yang saksama hanya merupakan langkah pertama dalam memastikan keberhasilan orang yang ditugaskan ke luar negeri
Karyawan bisa menuntut pelatihan khusus
Kebijakan SDM Internasional harus dirumuskan untuk mengkompensasi para manajer luar negeri untuk memelihara hubungan tenaga kerja yang sehat
Pengorientasian dan Pelatihan Karyawan untuk Penugasan Internasional :
Orientasi dan pelatihan untuk penugasan internasional dapat membantu karyawan (dan keluarga mereka) menghindari kejutan kultural dan menyesuaikan diri lebih baik dengan lingkungan baru mereka
Pengembangan manajemen internasional untuk mendorong perbaikan kontrol atas operasi global dengan membangun satu kultur perusahaan yang disatukan
Para manajer hendaknya lebih konsisten tunduk terhadap nilai-nilai, kebijakan dan sasaran begitu mereka kembali dari luar negeri
Kompensasi Internasional :
Satu kesulitan terbesar dalam mengelola kompensasi total pada tingkat multinasional adalah menetapkan suatu ukuran kompensasi yang konsisten di antara negara yang sedang membangun kredibilitas
Pendekatan paling umum untuk merumuskan upah ekspatriat adalah menyamakan kekuatan pembelian di semua negara, sebuah teknik yang dikenal sebagai pendekatan neraca seimbang
Penilaian Kinerja Terhadap Manajer Internasional :
Tentukan tingkat kesulitan penugasan
Pertimbangkan evaluasi penilaian manajer di tempat daripada manajer tempat asal
Jika manajer tanah air melakukan penilaian aktual tertulis, berikan nasihat latar belakang selama proses penilaian
Modifikasikan kriteria kinerja normal yang digunakan bagi posisi khusus untuk mencocokan posisi luar negeri dan karakteristik dari lokal tersebut
Jangan hanya menilai manajer ekspatriat dari segi kriteria yang dapat dihitung seperti laba
Hubungan Tenaga Kerja Internasional :
Sentralisasi : tawar-menawar di tingkat pabrik
Struktur serikat buruh : berkonsentrasi pada fungsi jasa dan administrasi
Organisasi majikan : cenderung dilakukan asosiasi majikan
Pengakuan serikat buruh : untuk tawar-menawar
Keamanan serikat buruh : kesepakatan toko tertutup yang formal
Kontrak manajemen tenaga kerja : dokumen yang mengikat secara sah
Muatan dan lingkup tawar-menawar : berfokus pada upah, jam dan kondisi kerja
Menangani keluhan : ditangani mesin yang diakui di luar kontrol formal serikat buruh
Pemogokan : menukik jauh ke dalam pendapatan perusahaan masing-masing
Peran pemerintah : tidak mengatur proses tawar-menawar namun menghendaki penetapan langsung
Partisipasi pekerja : menciptakan sistem pekerja dalam manajemen langsung
Kodeterminasi : perwakilan pekerja wajib pada sebuah dewan direksi perusahaan
Repatriasi : Masalah dan Pemecahan :
Tulis kesepakatan repatriasi : orang yang diangkat untuk tugas internasional tidak akan diperpanjang
Angkat seorang sponsor : untuk mengawasi ekspatriat selama di luar negeri
Berikan konseling karier : untuk memastikan pengangkatan tugas repatriat
Jaga komunikasi tetap terbuka : jagalah ekspatriat dalam urusan bisnis kantor pusat
Tawarkan dukungan keuangan : bayar real estate dan biaya hukum untuk mempertahankan residensinya
Kembangkan program reorientasi : berikan repatriat dan keluarganya program reorientasi untuk memudahkan menyesuaikan diri
Komentar
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda di sini...
makasih ya uda kasih komentar...
sering - sering maen sini ya...
No SaRa, No PoLiTiCs, No SPaMMiNG!!!