PROSES ORGANISASI - Muh Rosyid, S.Pd.,M.M.Pd.
“PROSES ORGANISASI”
Oleh : Muh Rosyid, S.Pd.,M.M.Pd.
Dosen STIE Putra Bangsa Kebumen
Dimensi Dasar dari Proses Komunikasi
Komunikasi : Pertukaran antar pribadi mengenai informasi dan pengertian.
Bentuk Proses Perseptual Komunikasi
Komunikasi perseptual : Proses dimana penerima menciptakan makna sendiri dalam benak mereka.
Pengirim : Kelompok atau Organisasi yang ingin atau berusaha untuk berkomunikasi dengan penerima tertentu
Pengkodean : Komunikasi dimulai saat pengirim mengkodekan suatu gagasan atau pikiran.
Pesan : Hasil dari pengkodean
Noise : Campur tangan dalam pengiriman dan pemahaman pesan
Komunikasi Antar Pribadi
Kemampuan Komunikasi : Kemampuan untuk menggunakan komunikasi secara efektif dalam berperilaku ses Internet : jaringan kerja global dari jaringan-jaringan kerja komputer
Intranet : internet pribadi milik organisasi
Ekstranet : menghubungkan karyawan internal dengan pelanggan pilihan, pemasok dan mitra strategis
E-mail : penggunaan internet/intranet untuk mengirim teks dan dokumen yang dihasilkan oleh komputer
Kerjasama komputer : penggunaan perangkat keras dan lunak komputer untuk membantu orang-orang bekerjasama lebih baik sesuai dengan suasana yang ada.
Gaya Komunikasi :
Gaya Asertif : Sikap yang mampu mengekspresikan perasaan dan harga diri, tetapi tidak mengambil keuntungan dari orang lain.
Gaya Agresif : Sikap yang mampu menyatakan diri dan harga diri, tetapi mengambil keuntungan yang tidak adil dari oarng lain.
Gaya Nonasertif : Takut, malu-malu dan perilaku mengingkari diri sendiri.
Komunikasi Non Verbal : Pesan yang dikirimkan kepada orang lain dari tulisan atau dari kata-kata yang diucapkan
Mendengarka Secara Efektif : Proses pengkodean secara ktif dan menterjemahkan pesan verbal
Tindakan non verbal positif yang dapat membantu komunikasi :
Menjaga kontak mata,
Kadang menganggukkan kepala tanda setuju,
Tersenyum dan menunjukkan semangat,
Mengarahkan tubuh kearah pembicara,
Berbicara secukupnya, tenang, intonasi yang menenangkan
Tindakan untuk dihindari :
Memalingkan muka/tubuh dari pembicara,
Menutup mata Anda,
Menggunakan intonasi suara yang tidak enak didengar,
Berbicara terlalu cepat/lambat,
Menguap berlebihan.
Gaya Pendengaran :
Gaya Hasil : Tertarik untuk mendengar hasil akhir atau hasil suatu pesan,
Gaya Alasan : Tertarik untuk mendengar alasan dibalik suatu pesan,
Gaya Proses : Suka mendiskusikan masalah secara detail,
Gaya Linguistik : Ciri khas pola bicara seseorang
Pola Komunikasi Organisasi :
Komunikasi herarkis : pertukaran informasi antara manajer dan karyawan.
Omongan selentingan : sistem komunikasi tidak resmi di dalam organisasi informasi.
Orang penghubung : secara konsisten menyampaikan informasi omongan selentingan kepada orang lain.
Mata-mata organisasi : menggunakan omongan selentingan untuk meningkatkan kekuatan dan status mereka.
Distorsi komunikasi : dengan sengaja mengubah isi pesan.
Dinamika Komunikasi Modern :
Internet : jaringan kerja global dari jaringan-jaringan kerja komputer
Intranet : internet pribadi milik milik organisasi
Ekstranet : menghubungkan karyawan internal dengan pelanggan pilihan, pemasok dan mitra strategis
E-mail : penggunaan internet/intranet untuk mengirim teks dan dokumen yang dihasilkan oleh komputer
Kerjasama komputer : penggunaan perangkat keras dan lunak komputer untuk membantu orang-orang bekerjasama lebih baik
Komentar
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda di sini...
makasih ya uda kasih komentar...
sering - sering maen sini ya...
No SaRa, No PoLiTiCs, No SPaMMiNG!!!