PROSES ORGANISASI - Muh Rosyid, S.Pd.,M.M.Pd.

PROSES ORGANISASI”

Oleh : Muh Rosyid, S.Pd.,M.M.Pd.

Dosen STIE Putra Bangsa Kebumen


Dimensi Dasar dari Proses Komunikasi

Komunikasi : Pertukaran antar pribadi mengenai informasi dan pengertian.

Bentuk Proses Perseptual Komunikasi

  • Komunikasi perseptual : Proses dimana penerima menciptakan makna sendiri dalam benak mereka.

  • Pengirim : Kelompok atau Organisasi yang ingin atau berusaha untuk berkomunikasi dengan penerima tertentu

  • Pengkodean : Komunikasi dimulai saat pengirim mengkodekan suatu gagasan atau pikiran.

  • Pesan : Hasil dari pengkodean

  • Noise : Campur tangan dalam pengiriman dan pemahaman pesan

Komunikasi Antar Pribadi

  • Kemampuan Komunikasi : Kemampuan untuk menggunakan komunikasi secara efektif dalam berperilaku ses Internet : jaringan kerja global dari jaringan-jaringan kerja komputer

  • Intranet : internet pribadi milik organisasi

  • Ekstranet : menghubungkan karyawan internal dengan pelanggan pilihan, pemasok dan mitra strategis

  • E-mail : penggunaan internet/intranet untuk mengirim teks dan dokumen yang dihasilkan oleh komputer

  • Kerjasama komputer : penggunaan perangkat keras dan lunak komputer untuk membantu orang-orang bekerjasama lebih baik sesuai dengan suasana yang ada.

Gaya Komunikasi :

    • Gaya Asertif : Sikap yang mampu mengekspresikan perasaan dan harga diri, tetapi tidak mengambil keuntungan dari orang lain.

    • Gaya Agresif : Sikap yang mampu menyatakan diri dan harga diri, tetapi mengambil keuntungan yang tidak adil dari oarng lain.

    • Gaya Nonasertif : Takut, malu-malu dan perilaku mengingkari diri sendiri.

    • Komunikasi Non Verbal : Pesan yang dikirimkan kepada orang lain dari tulisan atau dari kata-kata yang diucapkan

    • Mendengarka Secara Efektif : Proses pengkodean secara ktif dan menterjemahkan pesan verbal

Tindakan non verbal positif yang dapat membantu komunikasi :

    • Menjaga kontak mata,

    • Kadang menganggukkan kepala tanda setuju,

    • Tersenyum dan menunjukkan semangat,

    • Mengarahkan tubuh kearah pembicara,

    • Berbicara secukupnya, tenang, intonasi yang menenangkan

Tindakan untuk dihindari :

  • Memalingkan muka/tubuh dari pembicara,

  • Menutup mata Anda,

  • Menggunakan intonasi suara yang tidak enak didengar,

  • Berbicara terlalu cepat/lambat,

  • Menguap berlebihan.

Gaya Pendengaran :

  • Gaya Hasil : Tertarik untuk mendengar hasil akhir atau hasil suatu pesan,

  • Gaya Alasan : Tertarik untuk mendengar alasan dibalik suatu pesan,

  • Gaya Proses : Suka mendiskusikan masalah secara detail,

  • Gaya Linguistik : Ciri khas pola bicara seseorang

Pola Komunikasi Organisasi :

  • Komunikasi herarkis : pertukaran informasi antara manajer dan karyawan.

  • Omongan selentingan : sistem komunikasi tidak resmi di dalam organisasi informasi.

  • Orang penghubung : secara konsisten menyampaikan informasi omongan selentingan kepada orang lain.

  • Mata-mata organisasi : menggunakan omongan selentingan untuk meningkatkan kekuatan dan status mereka.

  • Distorsi komunikasi : dengan sengaja mengubah isi pesan.

Dinamika Komunikasi Modern :

  • Internet : jaringan kerja global dari jaringan-jaringan kerja komputer

  • Intranet : internet pribadi milik milik organisasi

  • Ekstranet : menghubungkan karyawan internal dengan pelanggan pilihan, pemasok dan mitra strategis

  • E-mail : penggunaan internet/intranet untuk mengirim teks dan dokumen yang dihasilkan oleh komputer

  • Kerjasama komputer : penggunaan perangkat keras dan lunak komputer untuk membantu orang-orang bekerjasama lebih baik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEDOMAN DAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

Sejarah SMA N 2 Kebumen

Investing in gold