BAB I. PERAN STRATEGIK DARI MSDM
BAB I. PERAN STRATEGIK DARI MSDM
Muh Rosyid, S.Pd.,M.M.Pd.
Dosen STIE Putra Bangsa Kebumen
Proses Manajemen
- Perencanaan : 
Menetapkan tujuan, standar, aturan dan prosedur
- Pengorganisasian : 
Memberi tugas pada bawahan dan koordinasi pada bawahan
- Penstafan : 
Merekrut calon karyawan, mengevaluasi kinerja, menyuluh, melatih dan mengembangkan karyawan
- Pemimpinan : 
Membuat orang lain menyelesaikan pekerjaan, mempertahankan semangat keja dan memotivasi bawahan
- Pengendalian : 
Menetapkan standar mutu, melakukan pengecekan dan mengambil tindakan perbaikan
Cakupan MSDM
- Melakukan analisis jabatan 
- Merencanakan kebutuhan tenaga kerja dan merekrut calon tenaga kerja 
- Menyeleksi calon tenaga kerja 
- Memberikan orientasi dan pelatihan bagi karyawan baru 
- Menata olah upah dan gaji 
- Menyediakan insentif dan kesejahteraan 
- Menilai kinerja 
- Mengkomunikasikan (wawancara, penyuluhan, pendisiplinan) 
- Pelatihan dan pengembangan 
- Membangun komitmen karyawan 
MSDM penting bagi Manajer karena agar tidak terjadi :
- Mempekerjakan orang tidak cocok dengan pekerjaan 
- Mengalami perputaran karyawan yang tinggi 
- Menemukan orang-orang Anda tidak melakukan yang terbaik 
- Perusahaan berurusan dengan pengadilan 
- Perusahaan berada di bawah undang-undang keselamatan kerja 
- Memiliki karyawan yang berfikir bahwa gaji mereka tidak adil 
- Membiarkan kekurangan pelatihan 
- Praktik tenaga kerja yang tidak adil 
Wewenang lini versus wewenang staf
Wewenang :
Hak untuk mengambil keputusan, mengarahkan kerja orang lain dan memberikan perintah
Manajer lini :
Manajer yang diberi wewenang untuk mengarahkan pekerjaan bawahan dan bertanggung jawab mencapai tujuan-tujuan organisasi
Manajer staf :
Manajer yang membantu dan menasihati manajer lini
10 Tanggung Jawab MSDM dari Manajer Lini
- Menempatkan orang yang benar pada pekerjaan yang tepat 
- Memulai karyawan baru dalam organisasi (orientasi) 
- Melatih karyawan untuk jabatan baru 
- Meningkatkan kinerja jabatan dari setiap orang 
- Mendapatkan kerjasama kreatif dan mengembangkan hubungan kerja yang mulus 
- Menginterprestasikan kebijakan dan prosedur perusahaan 
- Mengendalikan biaya tenaga kerja 
- Mengembangkan kemampuan dari setiap orang 
- Menciptakan dan mempertahankan semangat kerja 
- Melindungi kesehatan dan kondisi fisik karyawan 
Tiga fungsi yang berbeda dalam MSDM
- Fungsi Lini : 
Wewenang yang dijalankan seorang manajer personalia karena yang lainnya tahu bahwa dia memiliki akses ke manajemen puncak.
- Fungsi Koordinatif : 
Wewenang yang dijalankan seorang manajer SDM sebagai koordinator kegiatan personil.
- Fungsi Staf : 
Fungsi dari seorang manajer SDM dalam membantu dan menasihati manajer lini.
Kegiatan terseleksi yang mengilustrasikan pembagian tanggungjawab SDM antara Lini dan Staf
- Perekrutan dan Seleksi Karyawan 
- Pelatihan dan Pengembangan Karyawan 
- Kompensasi Karyawan 
- Hubungan Tenaga Kerja 
- Keamanan dan Keselamatan Karyawan 
Trend-trend dalam Dunia Kerja
- Masyarakat Jasa 
Suatu pergeseran besar dari pekerjaan manufaktur ke pekerjaan jasa, yang menghasilkan jasa bukan produk.
- Pekerjaan Pengetahuan dan Modal Manusia 
Suatu tingkat keahlian jauh melebihi yang dituntut dari kebanyakan pekerja 20 atau 30 tahun yang lalu sehingga modal manusia cepat menggantikan mesin-mesin sebagai basis untuk kebanyakan keberhasilan pekerjaan
Contoh restoran siap saji)
Praktik Manajemen Baru
- Organisasi berbentuk piramid yang tradisional memberi jalan kepada bentuk organisasi baru 
- Para karyawan diberi kuasa untuk mengambil lebih banyak lagi keputusan 
- Organisasi yang lebih datar merupakan norma 
- Pekerjaan itu sendiri pada lantai pabrik, di kantor bahkan di hotel semakin terorganisasi di seputar tim dan proses 
- Baisi kekuatan akan berubah 
- Manajer tidak akan menata olah 
- Manajer dewasa ini harus membangun komitmen 
- Ciri organisasi yang tanggap 
MSDM yang Strategik
- Kenyataan bahwa karyawan dewasa ini adalah sentral untuk mencapai keunggulan bersaing telah mengarah ke munculnya bidang yang dikenal sebagai MSDM yang Strategik 
- MSDM yang Strategik didefinisikan sebagai tautan dari SDM dengan tujuan dan sasaran strategik untuk meningkatkan kinerja bisnis dan mengembangkan kultur organisasi 
Peran SDM sdebagai Mitra Strategik
- Pandangan bahwa SDM itu langsung operasional dan kegiatan SDM sama sekali tidak strategik 
- Pandangan yang lebih canggih SDM hanya untuk mencocokkan strategi perusahaan 
- MSDM merupakan suatu mitra sejajar dalam proses perencanaan strategik 
Peran SDM dalam Perumusan Strategi
- MSDM dapat memainkan peran sebagai pengamatan lingkungan 
- SDM adalah suatu posisi yang unik untuk memasok inteligensi bersaing yang mungkin bermanfaat dalam proses perencanaan strategik 
- SDM juga berpartisipasi dalam proses formulasi strategi dengan mensuply informasi tentang kekuatan dan kelemahan internal perusahaan 
- Kekuatan dan kelemahan sdm memiliki satu efek pada kelangsungan hidup dari pilihan strategik perusahaan 
SDM diarahkan untuk mengembangkan dan melaksanakan program yang dirancang untuk menciptakan sebuah kultur perusahaan yang mencapai :
- Doronglah satu semangat kerja tim dan kerjasama dalam dan di tengah unit bisnis untuk bekerja menuju sasaran bersama, dengan satu tekanan pada mengidentifikasi, mengakui, dan mengimbali keunggulan individu dan unit 
- Doronglah sikap kewiraswastaan dikalangan manajer dan sikap berfikir inovatif di kalangan karyawan 
- Tekankanlah komonalitas kepentingan diantara karyawan dan pemegang saham 
Komentar
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda di sini...
makasih ya uda kasih komentar...
sering - sering maen sini ya...
No SaRa, No PoLiTiCs, No SPaMMiNG!!!