BAB I. PERAN STRATEGIK DARI MSDM
BAB I. PERAN STRATEGIK DARI MSDM
Muh Rosyid, S.Pd.,M.M.Pd.
Dosen STIE Putra Bangsa Kebumen
Proses Manajemen
Perencanaan :
Menetapkan tujuan, standar, aturan dan prosedur
Pengorganisasian :
Memberi tugas pada bawahan dan koordinasi pada bawahan
Penstafan :
Merekrut calon karyawan, mengevaluasi kinerja, menyuluh, melatih dan mengembangkan karyawan
Pemimpinan :
Membuat orang lain menyelesaikan pekerjaan, mempertahankan semangat keja dan memotivasi bawahan
Pengendalian :
Menetapkan standar mutu, melakukan pengecekan dan mengambil tindakan perbaikan
Cakupan MSDM
Melakukan analisis jabatan
Merencanakan kebutuhan tenaga kerja dan merekrut calon tenaga kerja
Menyeleksi calon tenaga kerja
Memberikan orientasi dan pelatihan bagi karyawan baru
Menata olah upah dan gaji
Menyediakan insentif dan kesejahteraan
Menilai kinerja
Mengkomunikasikan (wawancara, penyuluhan, pendisiplinan)
Pelatihan dan pengembangan
Membangun komitmen karyawan
MSDM penting bagi Manajer karena agar tidak terjadi :
Mempekerjakan orang tidak cocok dengan pekerjaan
Mengalami perputaran karyawan yang tinggi
Menemukan orang-orang Anda tidak melakukan yang terbaik
Perusahaan berurusan dengan pengadilan
Perusahaan berada di bawah undang-undang keselamatan kerja
Memiliki karyawan yang berfikir bahwa gaji mereka tidak adil
Membiarkan kekurangan pelatihan
Praktik tenaga kerja yang tidak adil
Wewenang lini versus wewenang staf
Wewenang :
Hak untuk mengambil keputusan, mengarahkan kerja orang lain dan memberikan perintah
Manajer lini :
Manajer yang diberi wewenang untuk mengarahkan pekerjaan bawahan dan bertanggung jawab mencapai tujuan-tujuan organisasi
Manajer staf :
Manajer yang membantu dan menasihati manajer lini
10 Tanggung Jawab MSDM dari Manajer Lini
Menempatkan orang yang benar pada pekerjaan yang tepat
Memulai karyawan baru dalam organisasi (orientasi)
Melatih karyawan untuk jabatan baru
Meningkatkan kinerja jabatan dari setiap orang
Mendapatkan kerjasama kreatif dan mengembangkan hubungan kerja yang mulus
Menginterprestasikan kebijakan dan prosedur perusahaan
Mengendalikan biaya tenaga kerja
Mengembangkan kemampuan dari setiap orang
Menciptakan dan mempertahankan semangat kerja
Melindungi kesehatan dan kondisi fisik karyawan
Tiga fungsi yang berbeda dalam MSDM
Fungsi Lini :
Wewenang yang dijalankan seorang manajer personalia karena yang lainnya tahu bahwa dia memiliki akses ke manajemen puncak.
Fungsi Koordinatif :
Wewenang yang dijalankan seorang manajer SDM sebagai koordinator kegiatan personil.
Fungsi Staf :
Fungsi dari seorang manajer SDM dalam membantu dan menasihati manajer lini.
Kegiatan terseleksi yang mengilustrasikan pembagian tanggungjawab SDM antara Lini dan Staf
Perekrutan dan Seleksi Karyawan
Pelatihan dan Pengembangan Karyawan
Kompensasi Karyawan
Hubungan Tenaga Kerja
Keamanan dan Keselamatan Karyawan
Trend-trend dalam Dunia Kerja
Masyarakat Jasa
Suatu pergeseran besar dari pekerjaan manufaktur ke pekerjaan jasa, yang menghasilkan jasa bukan produk.
Pekerjaan Pengetahuan dan Modal Manusia
Suatu tingkat keahlian jauh melebihi yang dituntut dari kebanyakan pekerja 20 atau 30 tahun yang lalu sehingga modal manusia cepat menggantikan mesin-mesin sebagai basis untuk kebanyakan keberhasilan pekerjaan
Contoh restoran siap saji)
Praktik Manajemen Baru
Organisasi berbentuk piramid yang tradisional memberi jalan kepada bentuk organisasi baru
Para karyawan diberi kuasa untuk mengambil lebih banyak lagi keputusan
Organisasi yang lebih datar merupakan norma
Pekerjaan itu sendiri pada lantai pabrik, di kantor bahkan di hotel semakin terorganisasi di seputar tim dan proses
Baisi kekuatan akan berubah
Manajer tidak akan menata olah
Manajer dewasa ini harus membangun komitmen
Ciri organisasi yang tanggap
MSDM yang Strategik
Kenyataan bahwa karyawan dewasa ini adalah sentral untuk mencapai keunggulan bersaing telah mengarah ke munculnya bidang yang dikenal sebagai MSDM yang Strategik
MSDM yang Strategik didefinisikan sebagai tautan dari SDM dengan tujuan dan sasaran strategik untuk meningkatkan kinerja bisnis dan mengembangkan kultur organisasi
Peran SDM sdebagai Mitra Strategik
Pandangan bahwa SDM itu langsung operasional dan kegiatan SDM sama sekali tidak strategik
Pandangan yang lebih canggih SDM hanya untuk mencocokkan strategi perusahaan
MSDM merupakan suatu mitra sejajar dalam proses perencanaan strategik
Peran SDM dalam Perumusan Strategi
MSDM dapat memainkan peran sebagai pengamatan lingkungan
SDM adalah suatu posisi yang unik untuk memasok inteligensi bersaing yang mungkin bermanfaat dalam proses perencanaan strategik
SDM juga berpartisipasi dalam proses formulasi strategi dengan mensuply informasi tentang kekuatan dan kelemahan internal perusahaan
Kekuatan dan kelemahan sdm memiliki satu efek pada kelangsungan hidup dari pilihan strategik perusahaan
SDM diarahkan untuk mengembangkan dan melaksanakan program yang dirancang untuk menciptakan sebuah kultur perusahaan yang mencapai :
Doronglah satu semangat kerja tim dan kerjasama dalam dan di tengah unit bisnis untuk bekerja menuju sasaran bersama, dengan satu tekanan pada mengidentifikasi, mengakui, dan mengimbali keunggulan individu dan unit
Doronglah sikap kewiraswastaan dikalangan manajer dan sikap berfikir inovatif di kalangan karyawan
Tekankanlah komonalitas kepentingan diantara karyawan dan pemegang saham
Komentar
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda di sini...
makasih ya uda kasih komentar...
sering - sering maen sini ya...
No SaRa, No PoLiTiCs, No SPaMMiNG!!!