3.09.2008

Java

Java

Java mulai dirilis sebagai bahasa pemrograman dengan nama Oak. Oak lahir dari proyek The Green Project yang berlangsung selama 18 bulan (1991-1992). Proyek ini diadakan atas kerjasama Petrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling, dan Bill Joy beserta dengan sembilan programer lain dari Sun Microsystems. Nama Oak diambil dari nama pohon yang tumbuh di depan jendela ruang kerja James Gosling sang ”Bapak Java”.
Namun, Oak gagal diterima di pasaran. Bersamaan dengan itu perkembangan internet mulai pesat dengan munculnya layanan aplikasi seperti world wide web (www). Sun kemudian melihat peluang bahwa Oak dapat membuat jalur akses ke dunia web. Pada tahun 195 Oak kemudian diluncurkan di internet dengan nama baru Java. Nama java diambil dari nama kopi murni yang digiling langsung dari biji kopi kesukaan James Gosling. Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, Java memiliki kelebihan – kelebihan yang tidak dimiliki oleh bahasa pemrograman lainnya.
· Multiplatform, Java dapat di jalankan di berbagai sistem operasi. Dengan kelebihan ini, seorang programer cukup menuliskan program sekali, mengkompile program, dan menjalankan hasilnya di berbagai sistem oprasi. Aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa Java dapat dijalankan di komputer dengan sistem operasi Microsotf Windows, Linux, Mac OS, dan Sun Solaris.
· Mendukung OOP, Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar objek. Hal ini sangat memudahkan programer untuk mendisain, membuat, dan mengembangkan objek di program dengan cepat, tepat, mudah, serta terorganisir.
· Library kelas sangat lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library. Library adalah kumpulan program – program yang fungsi – fungsinya umum digunakan dalam program. Hal ini menolong programer karena untuk fungsi yang sudah ada, programer tidak perlu menulis ulang kode –kode program, cukup menggunakan library yang sudah ada.
· Memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++, sehingga menarik banyak programer C++ untuk migrasi ke Java.
· Garbage Collection, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori, sehingga programer tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini...
makasih ya uda kasih komentar...
sering - sering maen sini ya...
No SaRa, No PoLiTiCs, No SPaMMiNG!!!