Kecerdasan Emosional dan Sukses UMPTN

Terkadang rangking 1 SMU paling top di kota, tapi gagal UMPTN. Terkadang rangking pas-pasan, menurut nilai try-out juga gagal, kok kenyataannya berhasil UMPTN. Itulah salah satu bukti kebesaranNya; manusia adalah manusia, -dengan segala kelemahannya; keberhasilan adalah keberhasilan, - hanya Tuhan-lah yang menentukan.

Tapi tugas kita; mesti berusaha. Ceritera di atas dapat dijelaskan dengan EQ (Emotional Quotient = kecerdasan emosional). Mungkin tidak berlebihan jika dikatakan bahwa 50% faktor penentu keberhasilan Anda di UMPTN adalah kestabilan emosi, kemantapan emosi, kemaksimalan konsentrasi Anda waktu hari-H UMPTN.

Pengalaman menunjukkan; banyak siswa gagal UMPTN hanya karena salah pengisian formulir (nama, identitas, nomor UMPTN, kode soal, ataupun pengisian jawaban). Dan, Anda mesti teramat berhati-hati sekali dengan penghitaman seluruh jawaban langsung di akhir waktu, karena pengalaman menunjukkan ada beberapa nomor yang salah (jawaban anda misalnya A, namun karena terburu-buru Anda masukkan ke LJK (Lembar Jawab Komputer) sebagai E). Atau lebih parah lagi jika sampai terjadi pergeseran nomor jawaban Anda.

Seseorang yang selalu terhubung dengan Yang Kuasa; dan memulai aktivitas (termasuk UMPTN) dengan membaca Nama-nya; dan memasrahkan hasil aktivitasnya kepada-Nya (tiada daya upaya hanya pada-Nya); sembari menenteramkan gejolak hati saat mengerjakan soal karena yakin akan Kebaikan dan Kepengasihan-Nya; tenttunya akan memiliki EQ yang jauh lebih kuat; baik dari faktor psikologis apalagi dari faktor supra natural.

Siapakan penghalang sukses Anda sebenarnya? Diri Anda sendiri; watak ragu Anda, watak takut gagal dan keseluruhan ketidakstabilan emosi dan hawa nafsu anda. So; apa saran kami? Pilih jurusan yang aman minimal pilihan keduanya. Pilihan pertama diletakkan di tempat cita-cita anda. Kemudian? Giling soal-soal tiap hari, dan tingkatkan EQ Anda terus menerus dengan berbagai macam cara. Ingatlah yang Di Atas selalu. Perkuat dzikir dan ibadah. Dan jangan sekali-kali lupa yang satu ini; minta restu kepada Ibu dan Bapak kira-kira sehari sebelum UMPTN. Mohon dimaafkan kesalahan-kesalahan Anda pada mereka. Mohon didoakan. Dan, Semoga Sukses bersama Anda selalu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEDOMAN DAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

BAB IX. DIMENSI MANUSIA DALAM PERUBAHAN (MP)