1.17.2008

Saat Makanan Jadi Musuh terbesarmu

Saat Makanan Jadi Musuh terbesarmu

Ada pepatah yang bilang kita makan untuk hidup, tapi gemana kalo ceritanya makanan jadi musuh terbesarmu gara jadi gatal2 abiez makan kamu so kamu alergi donk…

Penyebab
Alergi makanan adalah suatu kumpulan gejala yang dapat mengenai banyak organ dan system tubuh kita yang diakibatkan oleh adanya alergi terhadap suatu zat dalam makanan yang kita konsumsi. Alergi makanan disebabkan oleh allergen yaitu zat yang menyebabkan reaksi alergi. Nah, allergen ini adalah sejenis protein yang terkandung dalam makanan. Protein ini tersimpan dalam makanan bahkan setelah makanan ini matang. Nah, sementara dalam lambung dan usus kita memproduksi asam dan enzim. Saat protein, asam dan enzim itu bertemu dalam darah dapat menyebabkan reaksi yang menyebabkan alergi…

Alergi Semu
Emang sie ada yang disebut dengan alergi semu, contohnya ada yang lansung diare setelah minum susu. Itu disebakan karena susu mengandung gula yang disebut dengan laktosa, sejenis hidrat arang dari golongan Disakarida. Nah, sebagian orang ada yang ngga punya enzim untuk mencerna laktosa ini. Atau mungkin ada tapi dalam jumlah yang sangat sedikit. Makanya, kalo minum susu bakalan kembung, mulas atau diare…

The Big 8
Ada delapan jenis makanan yang biasanya bikin kita alergi,dan disebut The Big Eight yaitu ; susu, telur, kacang tanah, kacang-kacangan, ikan, shellfish (kerang, udang), kedelai dan makanan yang terbuat dari tepung seperti roti dan pasta. Tapi selain itu ada yang bias alergi habis makan buah-buahan seperti nanas atau strawberry dan juga pada penyedap makanan…

Gejala – gejala Alergi
1. Rhintitis (lender berlebihan pada tenggorokan).
2. Urticaria (gatal2 pada kulit).
3. Asma Bronchialis (sesak napas).
4. Dermatitis (radang kulit).
5. Konstipasi (gangguan pencernaan/sembelit).
6. Diare.
7. Edema (pembengkakkan).
8. Berdebar – debar
9. Mual
10. Muntah
11. Sakit Kepala

Mengatasi Alergi Makanan
1. Hindari allergen atau makanan yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada tubuh kita. Ini adalah cara paling easy...
2. Memakan obat antihistamin seperti CTM, Cortison, Prednison, yang dapat mengobati gangguan yang terjadi karena efek histamine...
3. Kalau gejalanya cukup parah, lebih baek kamu segera konsultasi ke dokter...

1 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini...
makasih ya uda kasih komentar...
sering - sering maen sini ya...
No SaRa, No PoLiTiCs, No SPaMMiNG!!!