Tips SPMB

Belajar,..

Hah?!? gak salah tuh? itu kan standar?!? yah tapi kamu harus tau gak ada kesuksesan tanpa pengorbanan, semua barang punya harganya dan kamu harus pilah-pilah antara yang penting dan sering keluar, jangan sampai belajar yang tidak pernah keluar di SPMB. Baca statistik soal-soal SPMB dan pelajari konsepnya.

Cukup Belajar efektif ( Baca buku Quantum Learning, dan 7 Habits of Highly Effective Teens,, percaya deh itu lumayan ngebantu, untuk dapetin motivasi dan cara untuk belajar, kalau kamu gak sadar2 juga..) soal2 SPMB 10 tahun yang lalu, insya Allah, kemampuanmu dalam SPMB bakal mumpuni,.. Walaupun kamu di sekolah HarDoLinRe!!!

Jangan, jangan nyontek,…

Yah, ntu penyakit yang udah mengakar daging deh di dunia pendidikan kita, cuman, percaya deh, perlahan2 ntu bakal nguras kebaikan hati kita, dan akhirnya kita bakalan jadi bangsa yang terbelakang, kaya sekarang ini, gak ada inovasi handal, karena kita udah biasa ama yang namanya nyontek,.. So, please stop nyontek ( yah, terutama untuk pejuang2 SPMB, mau nyontek ke mana, hayoo?? )

Percaya deh, selamat mencoba !!!



Baby’s Guide :

1. Tentukan dulu bro, kamu mau kuliah di jurusan apa [ perhitungkan prospeknya, kamu suka atau engga : Jangan sampai kamu nyesel cuman gara-gara keputusan yang kamu ambil saat berusia 17 tahun ]
2. Data dulu materi pelajaran yang keluar di SPMB, yang kamu suka, pelajari. Gak suka, buang aja.. Gak suka semua?? Gak usah ikut SPMB bro..
3. Set target dengan melakukan ujian [ misalnya dengan Try Out ].. Nilai jelek? gapapa [ TO pertama saya, pas masih kelas 3 awal masih 36,xx tapi pas TO terakhir 73,xx ] asal enggak nyontek.. Tapi usahakan peringkat kamu bagus di TO [ waktu itu peringkat belasan ].. Makanya saya sarankan ikut bimbingan belajar, karena setiap murid butuh bimbingan : Arthur pada Merlin ; Anakin Skywalker pada Obi-Wan Kenobi ; murid? ya guru lah…
4.Ganti semua cara belajar kamu yang gak efektif [ hentikan kebiasaan belajar sambil tiduran dan kalau belajar, berpikir! jangan mengawang-awang ]. Makanya saya sarankan baca buku Quantum Learning..
5. Review apa yang diujiankan, setiap yang salah kamu tinjau lagi sampai bisa [ misalnya kamu salah bab elektromagnetik, baca lagi ampe mantep ]
6. Catat peningkatan / penurunan dari setiap try out dan sebab-sebabnya, tinjau lagi pelajaran yang belum bisa.
7. Kamu akan melihat progress kamu, naik. Jangan harap bisa langsung naik banyak, tak apa-apa naik sedikit-sedikit, asalkan steady.

* Sebaiknya mata pelajaran yang kamu unggulkan itu matdas dalam hari pertama, karena matematika itu absolutely right.. Setelah itu, bahasa inggris via grammar dan close procedure [ textnya masih banyak perbedaan penafsiran ]. Bahasa Indonesia? Perdalam EYD aja.. Kalau text pasti banyak yang beda.
* Hari kedua hmm, kimia? kamu harus bisa. Itu paling mudah, tahun 2007 paling mudah dibandingkan 10 tahun terakhir. Yang lainnya, terserah kamu. Kamu pilih untuk melengkapi hari pertama. Yang penting, kamu nyampe nilai ekspektasi kamu [ Saya sarankan 60++ ]..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEDOMAN DAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

Sejarah SMA N 2 Kebumen

Investing in gold