PERLAKUAN ADIL YANG DIJAMIN - Muh Rosyid, S.Pd.,M.M.Pd

PERLAKUAN ADIL YANG DIJAMIN”

Muh Rosyid, S.Pd.,M.M.Pd

Dosen STIE Putra Bangsa Kebumen


Membangun Komunikasi Dua Arah

  • Menjamin perlakuan adil karyawan dimulai dengan sikap mendengar yang baik, namun kebanyakan perusahaan tidak mau mendengar

  • Komitmen dibangun berdasarkan kepercayaan, dan kepercayaan menuntut komunikasi dua arah untuk menjaga karyawan tetap terinformasi; dan program perlakuan adil yang dijamin untuk mengajukan keluhan dan mengadukan

Berbicaralah Terus Terang (Speak Up)

  • Program komunikasi yang memungkinkan karyawan untuk mendaftarkan, pertanyaan, keprihatinan, dan keluhan tentang materi yang berhubungan dengan kerja

  • Masalah keluhan merupakan unjung dari gunung es bila sampai pada keprihatinan yang dimiliki para karyawan

Program Top-Down

  • Kegiatan komunikasi termasuk pusat-pusat tv in-house, diskusi meja bundar yang sering terjadi, laporan berkala in-house yang memberikan peluang bersinambung bagi perusahaan untuk memungkinkan semua karyawan dimutakhirkan dalam hal bahan-bahan penting menyangkut perusahaan

Perlakuan adil yang dijamin

  • Program majikan yang bertujuan untuk memastikan bahwa semua karyawan diperlakukan secara adil, umumnya dengan memberikan sarana yang dirumuskan, terdokumentasi baik, dan terpublikasi yang melaluinya karyawan dapat memperoleh soal-soal yang dapat dipilih

Program Pintu Terbuka

  • Program perlakuan yang adil yang memberikan setiap karyawan untuk menaik-bandingkan tindakan penyelianya dengan memberikan perhatian kepada level manajer lebih tinggi yang berhasil

Keadilan dalam Pendisiplinan

    • Disiplin :

Satu prosedur yang mengoreksi atau menghukum seorang bawahan karena melanggar aturan atau prosedur

    • Tujuan Disiplin :

Mendorong karyawan berperilaku secara bijaksana di tempat kerja taat kepada peraturan dan keputusan

Pedoman Disiplin :

  1. Pastikan bahwa bukti mendukung tindakan atas kesalahan tindakan karyawan

  2. Pastikan bahwa hak-hak proses karyawan justru dilindungi

  3. Disiplin hendaknya segaris dengan cara yang biasa dipakai oleh manajemen

  4. Karyawan hendaknya diperingatkan secara memadai

  5. Manajemen secara memadai menyelidiki masalah sebelum menjatuhkan disiplin

  6. Jangan merampas martabat bawahan

  7. Ingat bahwa beban bukti ada pada anda

  8. Jangat bertindak pada saat sedang marah


Disiplin Tanpa Hukuman :

  1. Disiplin tanpa hukuman untuk menghindari masalah disipliner

  2. Disiplin tanpa hukuman bisa saja efektif

  3. Keluhan-keluhan penggunaan cuti sakit dan insiden disipliner semuanya tampak berkurang, akan tetapi pasti masih akan ada waktu bila pemecatan dituntut

Mengelola Pemecatan

  • Pemecatan (dismissal) :

Pemberhentian terpaksa pekerjaan seorang karyawan pada perusahaan

Pemecatan dilakukan secara terus terang setelah semua langkah masuk akal

Dasar-dasar Pemecatan

Ada 4 dasar pemecatan :

  1. Kinerja yang tidak memuaskan

  2. Kelakuan tidak patut

  3. Kurang memenuhi syarat untuk pekerjaan

  4. Perubahan (penghapusan) tuntutan atas pekerjaan

Pembangkangan

Pembangkangan (insubordination) :

  • Satu bentuk kelakuan tidak senonoh, kadangkala merupakan landasan pemecatan, walau sulit dibuktikan

  • Sikap tidak mempedulikan atau tidak taat kepada wewenang atas perintah boss yang sah; mengeritik boss di depan umum

Bentuk-bentuk Pembangkangan :

  1. Sikap tidak menghiraukan boss

  2. Benar-benar tidak taat pada boss

  3. Sengaja menantang kebijakan, aturan, ketentuan perusahaan

  4. Kritisisme publik terhadap boss

  5. Tidak menghiraukan instruksi boss

  6. Menghina, tidak hormat, dan kurang ajar

  7. Tidak menghiraukan rantai komando

  8. Ikut serta merusak dan menyingkirkan boss

Pemberhentian Semaunya

    • Gagasan yang didasarkan pada undang-undang bahwa hubungan pekerjaan dapat diberhentikan semaunya oleh majikan atau karyawan karena alasan apa saja

Pemecatan yang salah

    • Pemecatan seorang karyawan yang tidak sesuai dengan undang-undang atau tidak sesuai dengan pengurusan kontrak yang ditetapkan oleh perusahaan lewat formulir lamaran kerjanya, manual karyawan, atau janji-janji lain.

Prosedur Pemecatan

  1. Lakukan pembahasan peringatan sebelum mengambil tindakan final

  2. Karyawan disadarkan dari pekerjaan yang tidak memuaskan

  3. Dapatkan konfirmasi tertulis dari peringatan terkhir

  4. Siapkan daftar harta benda

  5. Ubah kode dan kunci keamanan

  6. Jika yang dipecat lebih dari 25 orang siapkan dan dapatkan penyebaran berita

  7. Siap kemungkinan yang dipecat akan bertindak tidak rasional

  8. Perhatikan untuk meminta pengacara Anda membuat suatu pemberhentian

Mengelola Pemberhentian Sementara

Pemberhentian Sementara

    • Suatu situasi terdapatnya kekurangan pekerjaan sementara dan para pekerja diberi tahu bahwa tidak ada pekerjaan untuk mereka namun bahwa manajemen bermaksud akan memanggil mereka bila perusahaan telah tersedia lagi

Prosedur penghentian / penggantian sementara

    • Prosedur terinci yang menetapkian siapa yang akan diberhentikan jika tidak ada pekerjaan yang tersedia, biasanya memungkinkan karyawan menggunakan senioritas mereka untuk tetap menjalankan pekerjaanya

Pengurangan sukarela dalam rencana upah :

    • Sebuah alternatif untuk pemberhentian sementara di mana semua karyawan menyepakati pengurangan upah untuk menjaga supaya setiap orang bekerja

Cuti secara sukarela

    • Sebuah alternatif untuk pemberhentian sementara di mana beberapa karyawan sepakat untuk mengambil waktu cuti guna mengurangi daftar gaji majikan dan menghindari kebutuhan akan pemberhentian sementara

Ring of defense

    • Suatu alternatif rencana pemberhentian sementara dengan karyawan pengganti sementara dipekerjakan dengan pengertian bahwa mereka bisa dilepaskan sewaktu-waktu

Penyesuaian terhadap perampingan dan merger

Perampingan

    • Merujuk kepada proses pengurangan, biasanya secara besar-besaran, jumlah orang yang dipekerjakan oleh perusahaan

Pensiun

Pensiun (retirement)

    • Suatu saat berhenti bekerjanya seseorang antara usia 60 sampai 65 tahun, namun semakin dini dewasa ini disebabkan karena lebih dininya rencana insensif pensiun perusahaan

Konseling Pensiun

    • Konseling yang diberikan kepada karyawan yang mendekati masa pensiun, yang mencakup bahan-bahan seperti, nasihat, tunjangan, karir kedua, dan lain-lain

Komentar

  1. HMM BLOG ANDA TELAH MEMBANTU SAYA TERIMA KASIH... HEBAT!!

    BalasHapus
  2. lanjutgan... tulisan anda byk membantu dlm penyusunan tugas kuliah saya...
    makasih,....

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini...
makasih ya uda kasih komentar...
sering - sering maen sini ya...
No SaRa, No PoLiTiCs, No SPaMMiNG!!!

Postingan populer dari blog ini

PEDOMAN DAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

Sejarah SMA N 2 Kebumen

Investing in gold