3.09.2008

C/C++

C/C++

Bahasa pemrograman C diciptakan dan dikembangkan di Bell Research Labs oleh Brian Kernighan dan Denis Ritchie. Pada awalnya bahasa C diciptakan dengan tujuan untuk membantu programer mengakses seluruh internal register, slot input-output, dan absolute address komputer.
Pada awal tahun 1960-an saat komputer generasi kedua dikeluarkan, bahasa assembly digunakan untuk membuat sistem operasi. Namun, karena perkembangan komputer yang mulai mengenal multiterminal dan multiprosessor, maka disadari bahwa sistem operasi tidak cukup dikembangkan hanya dengan menggunakan bahasa assembly saja. Barawal dari sini, maka bahasa C digunakan untuk membuat sistem operasi Unix.
Bahasa C mengalami banyak perkembangan sejak diciptakannya. Saat ini ada banyak bahasa pemrograman yang diturunkan dari bahasa C, seperti C++, Java, PHP, Perl, dsb.
C++ dikembangkan pertama kali oleh Bjarne Stourstup di awal tahun 1980 dengan berbagai kemampuan baru C++ dilengkapi dengan kemampuan untuk pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programing-OOP). Perbedaan dengan bahasa C terletak pada sintaks yang digunakan.
Pemrograman berorientasi objek adalah pemrograman yang memandang bahwa segala sesuatu dapat digambarkan sebagai objek. Objek tersebut mempunyai sifat – sifat (properti) yang bisa saja sama dan bisa juga berbeda dari objek yang lain. Karena kesamaantersebut, maka properti sebuah bjek dapat diturunkan dari objek yang lain. Teknik pemrograman ini memungkinkan kasus yang sulit dipecahkan menjadi lebih mudah diperiksadari kemungkinan adanya kesalahan.
Saat ini ada banyak kompiler yang digunakan iuntuk bahasa C dan C++, yaitu GCC, Miracle C, Turbo C, Microsoft Cisual C++, Borland C++, dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini...
makasih ya uda kasih komentar...
sering - sering maen sini ya...
No SaRa, No PoLiTiCs, No SPaMMiNG!!!