3.07.2008

File System FAT32 ke NTFS pada Windows XP dan Windows 2000

File System FAT32 ke NTFS pada Windows XP dan Windows 2000

File system FAT32 adalah jenis file system yang digunakan saat kita melakukan instalasi Windows 9x dan ME. Tapi pada sistem operasi Windows yang berbasis NT, seperti Windows NT, 2000 dan XP file system ini mulai ditinggalkan, tapi penggunaan file system ini masih disediakan pada tahap instalasi Wndows XP dan Windows 2000.
File system FAT32 mempunyai beberapa kelebihan, paling utama adalah dukungannya terhadap aplikasi - aplikasi yang lama, serta memungkinkan untuk operasi lain, seperti Windows 9x untuk dapat lebih mudah mengakses file dan partisinya (digunakan saat anda memutuskan untuk  dualboot. Tapi mengenai keamanan dan kestabilan, kemampuannya untuk meminimalkan fragmentasi serta kecepatannya file system FAT32 masih kalah jauh dengan NTFS, meskipun kekurangan NTFS adalah akan sulit diakses bahkan tidak dapat diakses oleh system operasi lain seprti Windows 9x terutama bila anda melakukan dualboot.
Dengan kelebihan yang dimiliki oleh file system NTFS tersebut maka jenis file system inilah yang digunakan seara default pada Windows NT, 2000, XP.
Untuk melakukan konversi file system dari FAT32 ke NTFS dengan cara aman dan tanpa mengubah apapun dalam harddisk anda, ikuti beberapa langkah di bawah ini. Tapi perlu diingat bahwa setelah anda melakukan konversi maka anda tidak dapat mengembalikan file system anda ke tipe sebelumnya yaitu FAT32, untuk itu pikirkanlah sebelum anda melakukan langkah ini…berdoa pada Allah SWTmeminta petunjuk, sholat iqtikharoh(meminta petunjuk dari Allah SWT, he he he, malah seperti minta petunjuk memilih jurusan dan unversitas.
1.Buka menu [Start] kemudian klik aplikasi [Run]
2.Pada kotak dialog Run ketik cmd, kemudian Enter
3.Pada aplikasi konsol command line yang terbuka, ketik help convert
4.Bacalah dengan seksama, tahan napas sampai selesai membaca, jika sudah selesai siapkan selembar kertas lalu kita akan ulangan bab konversi file system [just kidding],baca dengan teliti menu pertolongan yang disediakan, setelah itu ketiklah perintah berikut ini c:\convert c:/fs:ntfs /v /x
Kemudian anda akan mendapat peringatan bahwa convert ke NTFS akan dilakikan saat anda melakukan rebooting, karena file system C:\ saat ini sedang aktif dan harus melakukan dismount dulu.
Anda tidak perlu melakukan dismount, karena Windows XP akan melakukannya untuk anda saat booting. Anda hanya perlu menunggu proses konversi tersebut sampai selesai pada saat booting. Lalu anda akan mendapati file system pada komputer adnda menjadi NTFS tanpa mengubah dan menghapus isi file yang ada pada direktori anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini...
makasih ya uda kasih komentar...
sering - sering maen sini ya...
No SaRa, No PoLiTiCs, No SPaMMiNG!!!