4.05.2008

Kecerdasan Emosional dan Sukses UMPTN

Terkadang rangking 1 SMU paling top di kota, tapi gagal UMPTN. Terkadang rangking pas-pasan, menurut nilai try-out juga gagal, kok kenyataannya berhasil UMPTN. Itulah salah satu bukti kebesaranNya; manusia adalah manusia, -dengan segala kelemahannya; keberhasilan adalah keberhasilan, - hanya Tuhan-lah yang menentukan.

Tapi tugas kita; mesti berusaha. Ceritera di atas dapat dijelaskan dengan EQ (Emotional Quotient = kecerdasan emosional). Mungkin tidak berlebihan jika dikatakan bahwa 50% faktor penentu keberhasilan Anda di UMPTN adalah kestabilan emosi, kemantapan emosi, kemaksimalan konsentrasi Anda waktu hari-H UMPTN.

Pengalaman menunjukkan; banyak siswa gagal UMPTN hanya karena salah pengisian formulir (nama, identitas, nomor UMPTN, kode soal, ataupun pengisian jawaban). Dan, Anda mesti teramat berhati-hati sekali dengan penghitaman seluruh jawaban langsung di akhir waktu, karena pengalaman menunjukkan ada beberapa nomor yang salah (jawaban anda misalnya A, namun karena terburu-buru Anda masukkan ke LJK (Lembar Jawab Komputer) sebagai E). Atau lebih parah lagi jika sampai terjadi pergeseran nomor jawaban Anda.

Seseorang yang selalu terhubung dengan Yang Kuasa; dan memulai aktivitas (termasuk UMPTN) dengan membaca Nama-nya; dan memasrahkan hasil aktivitasnya kepada-Nya (tiada daya upaya hanya pada-Nya); sembari menenteramkan gejolak hati saat mengerjakan soal karena yakin akan Kebaikan dan Kepengasihan-Nya; tenttunya akan memiliki EQ yang jauh lebih kuat; baik dari faktor psikologis apalagi dari faktor supra natural.

Siapakan penghalang sukses Anda sebenarnya? Diri Anda sendiri; watak ragu Anda, watak takut gagal dan keseluruhan ketidakstabilan emosi dan hawa nafsu anda. So; apa saran kami? Pilih jurusan yang aman minimal pilihan keduanya. Pilihan pertama diletakkan di tempat cita-cita anda. Kemudian? Giling soal-soal tiap hari, dan tingkatkan EQ Anda terus menerus dengan berbagai macam cara. Ingatlah yang Di Atas selalu. Perkuat dzikir dan ibadah. Dan jangan sekali-kali lupa yang satu ini; minta restu kepada Ibu dan Bapak kira-kira sehari sebelum UMPTN. Mohon dimaafkan kesalahan-kesalahan Anda pada mereka. Mohon didoakan. Dan, Semoga Sukses bersama Anda selalu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini...
makasih ya uda kasih komentar...
sering - sering maen sini ya...
No SaRa, No PoLiTiCs, No SPaMMiNG!!!