10.11.2008

Guru Berlatih Bikin VCD Pembelajaran

KEBUMEN - Tiga puluh lima guru SMPN 7 Kebumen, mulai Minggu kemarin berlatih membuat VCD pembelajaran untuk semua mata pelajaran. Di Jateng, pelatihan bagi guru SMP tersebut merupakan yang kali pertama kali.

Menurut keterangan Kepala SMPN 7 Muh Rosyid SPd MM kemarin, pihaknya mendatangkan instruktur dari Planeta Multimedia di Bandung. Persyaratan mengikuti pelatihan itu minimal mampu mengoperasikan komputer MS Word, sanggup membuat CD pembelajaran, dan sanggup membuat sampel hasil pelatihan.

Dia mengemukakan, sekolahnya saat ini memiliki dua ruang laboratorium komputer terdiri atas 46 komputer Pentium 3 dan 4. Tiap siswa juga telah memiliki alamat email dan diajari mengakses internet.

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, lanjut Rosyid, pihaknya mulai menerapkan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (MBS) serta kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Hal itu antara lain dengan penguasaan internet serta pembekalan kepada guru membikin CD untuk tiap mata pelajaran.

Dia mengaku SMPN7 dahulu dikenal sebagai sekolah buangan namun sekarang telah menerapkan sistem teknologi informasi dan komunikasi moderen lewat internet ataupun audio visual. Saat ini, jumlah murid SMPN 7 Kebumen 1.400 anak dengan guru dan karyawan 75 orang.

Mendukung MBS

Direktur Planeta Multimedia Ir Agung Hudi S mengemukakan, pihaknya membuka kerja sama pelatihan pembuatan VCD itu untuk mendukung pelaksanaan program KBK dan mendorong tenaga pendidik bisa membuat media pembelajaran berbentuk VCD audio-visual guna menggairahkan murid untuk belajar.

Dia menyebutkan, pelatihan pembuatan VCD itu bermaksud mendukung program MBS serta mengantisipasi globalisasi informasi dengan upaya meningkatkan kemampuan SDM pengajar di SMPN 7.

Salah satu keuntungan bagi sekolah adalah bisa menguasai pengantar pembuatan VCD, DVD, CD ROM untuk semua mata pelajaran, pemilihan mata pelajaran dibuat VCD, pembuatan master VCD/DVD siap cetak, merekam suara dan gambar serta film sesuai dengan naskah mata pelajaran.

Pihaknya berharap kepada sekolah untuk memperbanyak VCD untuk semua siswa dan bagi siswa lain sehingga terbuka peluang mendapatkan pemasukan. Keunggulan lain, lewat VCD pembelajaran itu bisa direvisi, diperbanyak, dan dapat diputar di sekolah ataupun untuk belajar di rumah.

''Teknologi ini terjangkau, bisa dengan komputer di sekolah. Hasilnya sangat efisien, tidak mahal dan tidak rumit karena semua guru bisa,'' tandas Agung didampingi Ir Djoko Waluyo, Area Manager Jateng/Jabar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini...
makasih ya uda kasih komentar...
sering - sering maen sini ya...
No SaRa, No PoLiTiCs, No SPaMMiNG!!!