11.01.2008

PROBLEM MARKETING DI RADIO

PROBLEM MARKETING DI RADIO
MAKALAH INI DISUSUN UNTUK MEMENUHI
TUGAS MATA KULIAH MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
DOSEN : MUH ROSYID, S.Pd.,M.M.Pd

Disusun oleh:
Nama : Laelatun Najati
NIM : 070055502
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
(STIE) KEBUMEN
TAHUN 2008


BAB I. Pendahuluan

Semua yang pernah bekerja baik itu sebagi karyawan maupun menjalankan usaha sendiri tentu sangat mengerti kalau yang namanya “ Marketing “ itu penting.
Pengertian yang mendalam tentang marketing akan merubah cara kerja dan cara berfikir anda dalam hal. Sayangnya masih banyak yang berfikiran bahwa merketing itu sudah selesai dilaksanakan hanya dengan sekedar beriklan atau cetak selebaran lalu menunggu pelanggan datang. Kalau ternyata tidak berhasil tentu anda kecewa.
Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas permasalahan “ marketing di suatu rasio “ yang dalam hal ini tugasnya mencari calon-calon klien khususnya para pengusaha kecil maupun besar, instansi dan lain-lain untuk ditawari beriklan atau menginformasikan sesuatu kepada masyarakat supaya lebih luas lagi dengan melalui radio.
Akhirnya saya mengharap kecam bina dan koreksi dari teman-teman, atas kekurangan yang terdapat di dalamnya guna penyempurnaan makalah ini.
Saran dan kritik saya harapkan.
Terima kasih.

BAB II. Latar Belakang

Menawarkan barang atau jasa kepada seseorang memang gampang-gampang susah. Sikap kesabaran, keberanian dan percaya diri sangat di uatamakan dalam hal itu; karena setiap orang yang di temui itu karakternya berbeda-beda. Dari situlah kita bisa mempelajari psikologis seseorang.
Setiap pekerjaan dimanapun baik di kantor, perusahaan maupun usaha sendiri pasti mengalami problem yang berbeda-beda. Nah, melalui makalah ini saya akan membahas permasalahan yang menjadi kendala saya khususnya di bagian marketing yang sampai saat ini saya jalani yaitu “ ada sebagian klien yang melanggar pembayaran kontrak iklan yang telah disepakati berbelit-belit dalam urusan administrasi setelah periode kontrak iklan sudah habis” dan “ Pencabutan menggagalkan surat perjanjian kontrak yang baru disepakati”

BAB III. Masalah dan Pemecahannya

A. Masalah
Permasalahan di bagian marketing yang selamaini saya rasakan adalah sebagi berikut:
1. ada sebagian klien melanggar pembayaran kontrak iklan yang telah disepakati atau berbelit-belit dalam administrasinya setelah iklan selesai.
Dalam hal ini setelah saya konfirmasi dengan klien, mereka memberikan berbagai macam alasan, diantaranya sebagai berikut :
- belum merasa puas setelah di iklankan di radio
- keadaan atau kondisi si klien usahnya tidak ada perubahan
2. pencabutan atau menggagalkan kontrak iklan yang baru disepakati
- ada sebagian klien yang tiba-tiba menggagalkan surat perjanjian yang baru disepakati, hal inilah yang sangat merugikan sebelah pihak terutama di bagian marketing.
B. Pemecahannya
Dari dua hal permasalahan di atas saya mengambil beberapa solusi untuk memecahkannya yaitu sebagi berikut :
- sebaiknya para klien janganlah bersikap egois
- sebaiknya klien mengerti dan memahami tentang arti iklan.
Karena iklan itu bukan penentu jadi lakunya produk dan jasa yang baru di tawarkan sebagaimana “ IKLAN” adalah menginformasikan, menawarkan tempat, barang atau jasa kepada masyarakat dengan yang tadinya belum tahu akhirnya menjadi tahu .
- sebaiknya buat para klien jikalau mengambil keputusan harus benar-benar yakin dan jelas jangan setengah-tengah karena suatu perjanjian dimanapun kalau digagalkan atau dicabut akan merugikan sebelah pihak.

BAB IV. Penutup

Demikian makalah dari saya, apabila ada kata-kata yang salah mohon maaf. Saran dan kritik dari tema-teman saya tunggu. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini...
makasih ya uda kasih komentar...
sering - sering maen sini ya...
No SaRa, No PoLiTiCs, No SPaMMiNG!!!