PROBLEMATIKA KERJA DI COUNTER HAND PHONE ” WANGSA CELL ”

PROBLEMATIKA KERJA
DI COUNTER HAND PHONE
” WANGSA CELL ”

DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA ( MSDM )
DOSEN : MUH. ROSYID, S.Pd. M.M.Pd.


Disusun oleh :
Nama : SARWATI
Semester : 3 (Tiga)
E-mail : raras.stie@ yahoo.co.id
PROGRAM STUDY MANAJEMEN (S1)

STIE PUTRA BANGSA KEBUMEN
2008


mencoba menyikapi niat jahat pesaing dengan respon yang positif, sehingga kita justru bisa membuat niat jahat pesaing kita menjadi batu loncatan, bukan batu sandungan. Dengan mengetahui bahwa ada orang yang ingin menjatuhkan kita, kita akan menjadi lebih waspada, sehingga kita pun terus terdorong untuk memaksimalkan potensi-potensi yang kita miliki. Akan tetapi, jika kita meresponi ‘rencana jahat’ itu secara negatif, kita pun akan mulai terpancing untuk merencanakan hal-hal jahat demi menjatuhkan lawan kita. Itu sebabnya kita perlu memiliki sudut pandang dan sikap hati yang bersih. Tanpa sudut pandang dan sikap hati yang bersih, kita akan dengan mudah terjebak dalam persaingan yang bersifat saling serang, dan pepatah yang berkata “Gajah berkelahi melawan gajah, pelanduk mati di tengah-tengah” akan bisa terjadi; dalam hal ini tidak ada yang diuntungkan, sebaliknya, kedua pihak justru dirugikan. Di sisi lain, kalau pun kita berhasil menyingkirkan pesaing kita, hal itu tidak akan memberi keuntungan apa-apa bagi kita, karena sama halnya jika kita menaburkan kejahatan, sekali waktu kita pun akan menuai apa yang ditabur itu.
Dengan terus menjaga sikap hati dan sudut pandang agar tetap bersih, meskipun ada orang-orang yang ingin menjatuhkan kita, kita justru bisa memanfaatkan situasi tersebut untuk mengembangkan kapasitas kita. Toh kita sendiri yang akan diuntungkan, karena bagaimanapun juga, sebuah perusahaan akan selalu melihat berdasarkan prestasi.
Lalu yang ketiga, kita perlu terus mengembangkan kemampuan dan kapasitas yang kita miliki, karena semakin kapasitas kita berkembang, semakin persaingan akan jauh dari kita. Ada sebuah buku yang sangat bagus, berjudul 'Blue Ocean Strategy' yang membagikan prinsip-prinsip tentang bagaimana kita bisa menghindari persaingan, yaitu dengan mencari peluang-peluang baru, mengembangkan kapasitas-kapasitas terpendam yang kita miliki, sehingga itu akan membuat kita ada di atas rata-rata. Jika kita ada di atas rata-rata, siapa yang akan bersaing dengan kita? Tetapi jika kita masih rata-rata, persaingan yang ada akan menjadi sangat ketat.
Persaingan antar counter HP menjadi cerita lain bagi karyawan. Karena itu menyangkut hak dan kewajiban owner. Kecuali jika sang majikan berkehendak lain, misalnya dengan memberi support kepada karyawan untuk menghadapi persaingan antar counter HP ini dengan beberapa sikap tertentu. Mungkin dengan peningkatan pelayanan dan persaingan harga.
Intinya dalam persaingan ini setiap personal harus siap untuk berkompetisi secara maksimal dan sportif. Kecuali jika si pesaing mulai keluar dari rule, maka karyawan juga berhak membuat langkah lain.

2. Bos yang kurang menghargai karyawan, baik dari segi gaji maupun perlakuan.
Setiap counter HP memberikan penghargaan yang berbeda kepada para karyawannya. Ada yang tinggi maupun rendah. Penghargaan dapat berupa finansial dan non finansial. Ada beberapa owner yang bersikap kurang menghargai karyawan. Mereka menganggap karyawan hanya sebagai mesin penghasil uang yang tak perlu diberi perasaan, dihormati dan dilakukan dengan lebih manusiawi. Karena paradigma yang salah ini, beberapa karyawan memutuskan untuk out dari pekerjaannya daripada bekerja dengan perasaan yang tersakiti atau menahan beban perasaan. Atau ada yang memilih tetap bertahan bekerja ditempat itu karena mungkin dari segi lain masih menuntungkan.
Jika anda termasuk orang yang bertahan, anda bisa melakukan hal ini :
1. Ujilah kebijakan personal Anda untuk bertahan
2. Kembangkan pilihan kerja yang lentur, dengan mempetimbangkan factor lain
3. Ciptakan atau rancang ulang jabatan yang cocok untuk anda. Apakah anda masih patut bekerja ditempat itu atau anda memiliki alternative kerja lain yang mungkin lebih baik?
4. Tawarkan rencana kesejahteraan yang lentur kepada bos. Mungkin anda bisa menyampaikannya dengan bahasa lain yang mungkin lebih berkenan dihati bos.
5. Tetap bersikap fleksibel terhadap bos, meskipun dia sering marah-marah atau perlakuan anda dengan tidak baik.
6. Jika perlu tunjukkan kemampuan atau kelebihan anda dalam bekerja, sehingga bos memiliki pertimbangan lain dalam menghargai anda.

3. Sikap Customer yang kurang bersahabat.
“Pelanggan adalah raja” sudah seharusnya tidak hanya diucapkan, terutama bagi anda yang berniat mewujudkan sistem Customer Relationship Management (CRM). Tidak semua pelaku bisnis yang menawarkan suatu produk menyadari pentingnya pelayanan terhadap customer, hal ini dapat timbul karena berbagai alasan. Antara lain bisa jadi disebabkan karena kurang menyadari aspek kepuasan customer, ataupun karena dirasakan produk yang dijual merupakan produk yang tidak pernah sepi dari peminat sehingga tidak ada kekhawatiran ditinggalkan oleh customer. Atau bahkan yang lebih ekstrim lagi, mungkin Anda sering menemui customer yang menyebalkan sehingga Anda tidak merasa harus memanjakannya. Jika Anda memiliki anggapan seperti ini, sebaiknya segera buang jauh-jauh sebelum sentimen Anda semakin besar, terutama karena dapat berisiko menjadi akhir karir Anda (jika Anda merupakan karyawan) atau akhir bisnis Anda (jika Anda merupakan pemilik usaha). Mungkin itulah yang perlu dipikirkan ketika para karyawan counter HP sedang menghadapi customernya..
Tidak semua customer bersikap seperlunya terhadap anda, karena beberapa sebab yang tidak perlu disampaikan kembali kepada customer tersebut. Meskipun anda mengetahuinya. Yang perlu disampaikan adalah sikap kita terhadap customer jangan sampai berlebihan. Berikan customer satisfaction/kepuasan konsumen. Sehingga mereka loyal.
Untuk menghadapi customer yang kurang bersahabat:
a. Dengarkan keluhannya / complaintnya
b. Berikan solusi yang bisa diterima oleh anda dan pihak customer. Jangan memaksakan diri.
c. Nikmati setiap kata yang mungkin terasa kurang berkenan di hati anda, karena itu menjadi bagian resiko dari pekerjaan anda dan juga sebuah TANTANGAN maupun KESEMPATAN untuk anda supaya lebih kompetitif dan berkembang.
d. Bersikaplah dengan wajar, lebih bijak, jangan membuat target berlebih yang memberatkan diri anda.

BAB IV
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Dari uraian pada bab II, bisa disimpulkan beberapa cara menghadapi persoalan berikut:
1. Menghadapi persaingan yang tidak sehat, bisa diatasi dengan cara :
a) Tetap memiliki sudut pandang dan sikap hati yang bersih,
b) Kita bisa mencoba untuk mengubah ‘rencana jahat’ dari pesaing-pesaing kita menjadi ‘energi penggerak’ bagi kita sendiri,
c) Kita perlu terus mengembangkan kemampuan dan kapasitas yang kita miliki, karena semakin kapasitas kita berkembang, semakin persaingan akan jauh dari kita.
d) Siap untuk berkompetisi secara maksimal dan sportif. Kecuali jika si pesaing mulai keluar dari rule, maka kita juga berhak membuat langkah lain.
2. Cara menghadapi bos yang kurang menghargai karyawan :
a) Ujilah kebijakan personal Anda untuk bertahan
b) Kembangkan pilihan kerja yang lentur, dengan mempetimbangkan factor lain
c) Ciptakan atau rancang ulang jabatan yang cocok untuk anda.
d) Tawarkan rencana kesejahteraan yang lentur kepada bos. Mungkin anda bisa menyampaikannya dengan bahasa lain yang mungkin lebih berkenan dihati bos.
e) Tetap bersikap fleksibel terhadap bos,
f) Tunjukkan kemampuan atau kesungguhan anda dalam bekerja,
3. Sikap Customer yang kurang bersahabat, bisa dihadapi dengan :
a. Dengarkan keluhannya / complaintnya
b. Berikan solusi yang bisa diterima oleh anda dan pihak customer. Jangan memaksakan diri.
c. Nikmati setiap kata yang mungkin terasa kurang berkenan di hati anda, karena itu menjadi bagian resiko dari pekerjaan anda dan juga sebuah TANTANGAN maupun KESEMPATAN untuk anda supaya lebih kompetitif dan berkembang.
d. Bersikaplah dengan wajar, lebih bijak, jangan membuat target berlebih yang memberatkan diri anda.

B. PENUTUP
Demikian makalah kecil ini saya sampaikan. Semoga bermanfaat.


Kebumen, 07 November 2008

KEPUSTAKAAN


http://mick182.blogspot.com

http://www.andriewongso.com

http://organisasi.org


Komentar

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini...
makasih ya uda kasih komentar...
sering - sering maen sini ya...
No SaRa, No PoLiTiCs, No SPaMMiNG!!!

Postingan populer dari blog ini

PEDOMAN DAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

Sejarah SMA N 2 Kebumen

Investing in gold